Cara Membersihkan AC yang Baik dan Benar

Ketika suhu di dalam sebuah ruangan, misalnya rumah, menjadi panas pastinya membuat kita ingin menyalakan AC (air conditioning). Dengan menghidupkan AC maka udara dingin akan menyapa dan akan membuat jadi tidak kegerahan di dalam ruangan. Namun saat AC selalu dihidupkan, pastinya akan membuat cepat kotor. Ketika AC kotor maka udara dingin jadi akan berkurang dan harus dilakukan pembersihan terlebih dahulu. Dalam pembersihan AC ini sendiri pun tidak bisa asal-asalan. Selain membuat udara tidak dingin, AC kotor bisa secara tidak langsung berpengaruh pada kesehatan.

 7 Cara Membersihkan AC dengan Benar

Jika AC tidak dirawat dengan berkala dan saksama, maka bisa menjadi sarang kuman dan debu. Yang mana bisa memengaruhi kebersihan rumah. Kotoran dan kuman nantinya akan disebarkan kembali ke seluruh ruangan, kemudian masuk lewat indra penciuman. Oleh karena itulah pembersihan AC sangat disarankan supaya tetap bersih dan bisa memberikan kenyamanan ketika dipakai. Sebelum membersihkan AC, pastikan AC dalam keadaan mati terlebih dahulu. Kemudian siapkan alat-alat seperti sikat gigi bekas, kemoceng, obeng, cairan pembersih, penyedot debu, air, dan lap. Jangan lupa untuk menggunakan masker mulut dan sarung tangan supaya lebih aman ketika membersihkan AC.

Nah berikut ini beberapa cara untuk membersihkan AC yang benar.

  1. Membuka Penutup AC

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuka penutup AC menggunakan obeng dengan perlahan-lahan. Ketika penutup AC sudah terbuka, maka bisa melihat filter AC. Anda harus mengecek apakah ada kerusakan atau tidak pada bagian filter AC ini. Jika filter ada kelihatan sobek, segera buang dan mengganti dengan yang baru.

  1. Membersihkan Filter

Apabila tidak terjadi kerusakan pada filter, maka bisa memberikan filter AC ini. Bersihkan dari debu-debu yang menumpuk menggunakan sikat gigi bekas, kuas, lap yang sedikit basah atau menggunakan alat penyedot debu.

  1. Melepas Filter AC

Pilihan alternatif jika ingin membersihkan filter adalah dengan melepas dari AC. Kemudian dicuci dengan cara direndam. Ketika merendam filter AC, baiknya menggunakan larutan pencuci khusus. Ini dimaksudkan untuk membunuh spora jamur dan kuman lain yang bersarang di filter AC.

  1. Menggosok Filter Perlahan

Saat direndam, Anda bisa menggosok filter AC dengan lembut. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan filter dari kotoran membandel. Jangan menggosok terlalu keras karena akan bisa merusak filter.

  1. Mengeringkan Filter AC

Untuk tahapan selanjutnya adalah mengeringkan filter AC dengan mengangin-anginkan sejenak. Pastikan bahwa filter dikeringkan pada tempat bersih. Ini dimaksudkan untuk mencegah dari menempelnya kotoran-kotoran.

  1. Membersihkan Bagian AC Lainnya

Tidak hanya bagian filter saja yang harus dibersihkan. Namun bagian-bagian lain dari AC juga perlu untuk dibersihkan. Pakai lap kering untuk membersihkan area di sela-sela AC untuk memastikan bahwa bagian tersebut bersih dari kotoran.

  1. Mengembalikan Filter ke AC

Apabila sudah selesai dikeringkan, maka kembalikan filter ke dalam AC. Pastikan dengan baik bahwa filter AC sudah benar-benar kering. Ini dimaksudkan untuk mencegah area filter AC jadi tempat jamur berkembang biak. Kemudian Anda bisa mengetes dengan menyalakan AC. Jika udara terasa dingin dan segar, maka proses membersihkan sudah selesai. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membersihkan AC.

Mengetahui Kapan Harus Membersihkan AC

Mencuci filter AC bisa dilakukan dengan rutin setiap 1 bulan sekali. Tetapi jika mengalami tanda-tanda berikut ini pada AC, maka bisa segera membersihkan AC.

  1. Kotoran Terlihat di Bukaan AC

Jika Anda menyadari terdapat titik-titik hitam di bagian bukaan AC. Berarti kemungkinan besar filter AC memang sudah perlu dibersihkan. Titik-titik hitam ini menjadi pertanda adanya penumpukan jamur atau lumut di dalam AC.

  1. Air Menetes di AC

Tetesan air yang keluar dari AC juga menjadi pertanda bahwa AC tersebut sudah kotor. Filter AC yang kotor akan membuat udara tidak bisa lewat dengan baik. Hal ini akan membuat air menjadi menetes dari AC.

Tips Memilih Tukang Service AC yang Berpengalaman

Jika Anda memiliki permasalahan mengenai AC. Maka bisa meminta bantuan pada tukang service AC untuk membersihkan secara rutin. Namun karena tukang service AC ada banyak, tentunya akan membuat Anda kebingungan harus memilih yang mana. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan tukang service AC berpengalaman.

  1. Komunikatif

Akan lebih menguntungkan jika Anda bisa memilih jasa service AC yang komunikatif. Artinya tukang service AC bisa menjawab semua pertanyaan dan keluhan mengenai AC yang rusak. Bahkan jika tidak diberikan pertanyaan sekalipun, pihak tukang service bisa menjelaskan dengan baik kerusakan AC beserta faktor-faktornya. Selain itu juga bisa menjelaskan kerusakan secara detail dan tindakan yang wajib dilakukan untuk membuat AC bisa kembali dalam keadaan semula.

  1. Garansi

Umumnya tukang service AC akan memberikan garansi setelah perbaikan dilakukan. Biasanya garansi yang diberikan selama 1 minggu. Jika ada kerusakan setelah dilakukan perbaikan sebelum masa garansi habis. Maka pihak tukang service akan memperbaiki AC secara gratis. Tukang service AC akan memperbaiki sampai tidak rusak dan bisa dipakai kembali.

  1. Profesional

Selanjutnya pastikan bahwa tukang service AC yang diajak kerja sama ini mempunyai tenaga profesional. Jika masih merasa bingung memilih mana yang profesional dan tidak Maka bisa melihat proses pekerjaan mereka. Tukang service AC yang profesional tentunya akan sangat memahami mengenai cara melakukan service AC dengan benar. Teknisi AC juga bisa mengerjakan AC secara tepat waktu. Jadi dalam beberapa jam, AC sudah bisa dipakai kembali. Dengan begitu konsumen tidak harus menunggu terlalu lama tentunya.

  1. Reputasi Baik

Selain itu jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan baik bahwa jasa service AC yang dipilih mempunyai reputasi baik. Yang artinya jasa service AC tersebut diakui kinerjanya karena profesional dalam melakukan pekerjaan. Tukang service AC yang baik tentunya akan mempertahankan kinerja dengan baik, teliti supaya dalam melakukan pekerjaan dan tidak membuat pelanggan kecewa. Jadi jangan ragu untuk membandingkan antara satu jasa dengan jasa lainnya.

  1. Biaya Service

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dengan baik adalah mengenai biaya service. Tentunya tiap-tiap tukang service memiliki patokan biaya service yang berbeda-beda. Ada yang bisa memberikan penawaran biaya service murah sampai mahal. Jasa service yang berpengalaman dan profesional tentunya akan memberikan biaya terjangkau. Selain itu juga harganya bisa bersaing dengan harga dari kompetitor. Jadi Anda nantinya tidak harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.

  1. Referensi

Apabila Anda masih belum menemukan jasa service AC yang benar-benar sesuai dengan keinginan. Maka mintalah referensi dari teman atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa service AC. Dengan mempertimbangkan referensi dari mereka, tentunya akan lebih menguntungkan. Sebab Anda bisa menanyakan beberapa hal pada mereka. Misalnya mengenai dimana lokasinya, berapa kisaran biaya, dan hal-hal lainnya.