Mau Beli AC Kamar Tidur? Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini

Untuk mendapatkan kenyamanan ketika berada di kamar pada setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang mendekor kamar sedemikian rupa. Namun beberapa lebih memilih membuat kamar menjadi simpel dengan mengeluarkan barang-barang besar atau yang sudah tidak terpakai. Salah satu barang yang tidak boleh terlupakan di kamar tidur adalah AC. Menggunakan AC di dalam kamar akan membuat isi ruangan menjadi lebih dingin. Bayangkan jika musim kemarau tiba, biasanya panas matahari sangat menyengat dan membuat tidur siang menjadi tidak nyaman. Bahkan terkadang pada malam hari masih terasa panas. Dengan menyalakan AC maka semua permasalahan kepanasan bisa terselesaikan.

Tips Membeli AC Kamar Tidur yang Pas

Bagi Anda yang ingin membeli AC kamar tidur, ada baiknya jika memahami terlebih dahulu kebutuhannya. Sekarang ini merek AC pun ada banyak macamnya. Dimana masing-masing AC memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Hal inilah yang terkadang membuat kebingungan ketika ingin membeli AC untuk kamar tidur. Terlebih lagi jika Anda belum pernah memiliki AC sama sekali. Jadi untuk Anda yang ingin membeli AC kamar tidur, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu. Dengan begitu bisa memilih AC kamar tidur yang sesuai kebutuhan.

  1. Menyesuaikan PK & Luas Ruangan

Hal ini adalah bagian terpenting ketika ingin membeli AC untuk kamar tidur. Pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa luas kamar tidur. Jangan sampai membuat perhitungan yang salah. Jika ruangan kecil dan ternyata menggunakan AC dengan PK (paardekracht)besar, maka hal ini akan membuat kamar menjadi terlalu dingin. Bukannya menjadi lebih adem, yang ada malah membuat Anda menjadi demam dan sakit.

  1. Memilih Jenis AC sesuai Kebutuhan

AC memiliki beberapa jenis yang beda-beda. Seperti AC split, Window, Cassette, dan Central. Untuk AC kamar tidur bisa menggunakan AC split. Ini karena AC split merupakan AC yang biasanya dipakai untuk rumah tangga. Sebelum banyak kamar menggunakan AC Window, namun saat ini sudah jarang ditemukan di pasaran. AC Cassette biasanya dipakai pada ruangan perkantoran dengan menempatkan di langit-langit. Sedangkan untuk AC Central biasanya dipakai di Mall & hotel, sebab AC ini bisa dipindah-pindah.

  1. Pilih AC yang Hemat Listrik

Kemudian Anda harus memastikan dengan baik daya listrik AC yang nantinya akan dibeli. Beberapa orang masih mengabaikan hal ini. Jangan sampai membuat listrik di rumah mengalami korsleting atau menambah biaya pengeluaran bulanan. Saat ini sudah banyak perusahaan AC yang menyematkan fitur hemat listrik. Untuk AC yang hemat listrik ini memiliki kelebihan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendinginkan ruangan. Biasanya hanya membutuhkan sekitar 30% sumber daya menjadi lebih kecil dibandingkan dengan AC biasa.

  1. Memperhatikan dari Aspek Kesehatan

Dewasa ini sudah banyak perusahaan elektronik yang membuat AC dengan teknologi yang mampu membunuh virus dan bakteri, disebut plasmacluster. Hal ini pun sudah terbukti dengan adanya uji coba yang sudah dilakukan. Dengan menggunakan AC yang berteknologi plasmacluster, maka akan membuat tubuh tetap sehat. Selain itu juga membuat ruangan menjadi tetap sehat.

  1. Memilih Desain Sederhana

Tentunya sudah diketahui bersama bahwa desain AC saat ini sudah sangat beragam. Namun akan lebih baik jika memilih AC yang memiliki desain sederhana. Dengan begitu, saat akan membersihkan filter AC tidak harus repot melepas komponen-komponennya.

  1. Menentukan Sesuai Anggaran

Ada baiknya untuk menghitung terlebih dahulu anggaran yang akan digunakan untuk membeli AC. Pastikan jika anggaran yang dibeli ini sudah mencukupi untuk membeli AC. Jika Anda mendapatkan penawaran biaya murah, ada baiknya jika membuat pertimbangan terlebih dahulu apa yang membuat AC tersebut murah. Apakah karena keluaran lama, promo atau yang lainnya. Sebab jika asal beli dan tidak tahu riwayat AC tersebut, dikhawatirkan akan membuat Anda kecewa karena sudah membeli AC tersebut.

  1. Membeli dari Toko Terpercaya

Selanjutnya, pastikan untuk memilih toko percaya untuk membeli AC kamar tidur ini. Pastikan dengan baik bahwa toko tersebut sudah memiliki reputasi yang baik. Apabila merasa kesulitan untuk memilih toko mana. Maka bisa meminta teman atau kerabat merekomendasikan toko terpercaya yang menjual AC.

Cara Merawat AC Supaya Tidak Cepat Rusak

Setelah memiliki AC untuk kamar tidur, jangan lupa untuk merawatnya. Sebab barang elektronik pastinya juga rentan rusak jika tidak pernah dibersihkan. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat AC kamar tidur.

  1. Menutup Pintu, Jendela, & Ventilasi ketika AC Nyala

Usahakan untuk selalu menutup rapat celah yang di dalamnya ada AC. Hal ini dimaksudkan supaya proses mendinginkan ruangan lebih cepat dan bisa meringankan kerja kompresor. Selain itu hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah kerusakan dini pada kompresor AC. Bayangkan jika AC kamar tidur hidup, namun jendela masih terbuka. Pastinya akan tetap terasa panas.

  1. Mengatur Waktu Pemakaian AC dengan Timer

Sebagian besar perusahaan AC sudah mengimplementasikan fitur timer. Yang mana dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengatur nyala dan mati AC. Dengan memanfaatkan fitur ini pun akan membantu merawat AC tentunya. Waktu terbaik pemakaian AC adalah selama 5 jam. Apabila sudah lewat dari 5 jam maka ada baiknya untuk mengistirahatkan AC terlebih dahulu. Oleh karena itulah, pastikan untuk mengatur timer mati dalam setiap 5 jam pemakaian.

  1. Membersihkan Filter AC

Filter AC merupakan salah satu komponen yang ada dalam AC. Dimana berfungsi sebagai penyaring debu. Apabila filter tidak dibersihkan secara berkala, bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Saat AC tidak dingin, maka pengguna AC biasanya akan menurunkan suhu. Padahal hal ini tidak optimal sama sekali dan hanya akan membuat AC bekerja dengan berat hingga akhirnya berujung pada kerusakan.

  1. Memperhatikan Thermostat

Sudah bukan rahasia jika masih banyak orang yang salah mengatur suhu thermostat. Banyak orang yang menyalakan AC langsung mengatur pada suhu rendah, maksudnya supaya ruangan menjadi cepat dingin. Misalnya kita ingin mengatur di suhu 18°C, maka kompresor akan berjuang untuk sampai di suhu tersebut. Jika sudah mencapai suhu tersebut, maka kompresor AC berhenti bekerja dan tinggal mengeluarkan angin saja. Namun jika suhu kamar menjadi meningkat, maka kompresor akan bekerja lagi untuk mendapatkan suhu yang sudah ditetapkan. Apabila Anda ingin mendapatkan suhu 16°C tentu akan membuat AC menjadi cepat rusak. Ini dikarenakan pengaruh iklim Indonesia yang tidak bisa membuat ruangan mencapai titik 16°C.

  1. Service AC Secara Rutin

Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa service AC untuk membantu perawatan. Jika menggunakan jasa service AC, maka setidaknya dilakukan 3 – 6 sekali. Jasa service AC akan mencuci AC dan mengecek freon AC. Apabila Freon AC kosong, maka akan diisi kembali oleh mereka, karena Anda tidak bisa mengisi sendiri. Pastikan untuk memilih jasa service AC yang berpengalaman dan terpercaya.